Wednesday, July 3, 2013

Smartphone saingan Android, Blackberry 10, iOS dan Windows phone

VIVAnews - Setelah berbulan-bulan melangsungkan pengembangan, Mozilla secara resmi merilis sistem operasi mobile Firefox ke publik—siap bersaing dengan iOS, BlackBerry 10, dan OS Android.

Menandai kehadiran OS anyar itu, dilansir The Verge, Selasa 2 Juli 2013, Mozilla memperkenakan dua ponsel pertama yang mengadopsi sistem operasi Firefox berbasis HTML5, yaitu ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire.

Tapi, untuk sementara keduanya hanya dijual di pasar tertentu, tidak termasuk Indonesia.

Untuk pasar Spanyol, konsumen bisa mendapatkan ZTE Open dengan banderol harga US$90, setara Rp891 ribu, untuk pelanggan kategori prabayar.

Selain Spanyol, ponsel Firefox akan meramaikan pasar ponsel Amerika Latin, Eropa Timur dan Tengah, dan menyusul pasar Asia.

Khusus di pasar Asia, di luar ZTE dan Alcatel, Mozilla memperluas ketersediaan OS anyarnya dengan menggandeng dua raksasa besar, Huawei dan LG.

Dengan harga yang relatif terjangkau, Mozilla berharap dapat mencuri hati pengguna ponsel Android versi terjangkau, seri Nokia Asha maupun Windows Phone versi murah. Pasalnya, dengan harga yang relatif lebih murah, Mozilla berani bersaing memberikan fitur lebih.

Di blog resminya, Mozilla mengatakan, ponsel Firefox telah dilengkapi fasilitas built-in Facebook dan Twitter, peta navigasi HERE besutan Nokia yang berkemampuan smart walking, smart driving, transit angkutan umum, lalu browser Firefox, serta pusat aplikasi Marketplace Firefox.

"Firefox memasok ponsel pertama yang dibangun sepenuhnya pada teknologi Web, dan akan merangsang inspirasi gelombang baru inovasi untuk Web, terutama pada perangkat bergerak" kata Jay Sullivan, Mozilla Chief Operating Officer.

Tidak hanya vendor lokal, vendor ternama asal Jepang, Sony, kabarnya juga siap menggodok ponsel baru Firefox pada tahun depan.

Mau lihat seperti apa tampilan OS Firefox pada ZTE dan Alcatel? Berikut video dua ponsel pertama Firefox, dilansir The Verge:

Sumber: Vivanews.com

No comments:

Post a Comment