Wednesday, February 5, 2014

Pengertian Inheritance, Encapsulation, Abtstraction, dan Polymorphism Dalam Pemgrograman Berbabasis Objek

1. Inheritance

Inheritance (penurunan atau pewarisan) pada pemrograman berorientasi objek yang merupakan suatu hubungan antara dua buah kelas atau lebih. Dalam hal ini, ada kelas yang memiliki atribut serta metode sama dengan kelas lainnya yang memiliki atribut beserta metode tambahan yang merupakan sifat khusus yang menjadi turunannya. Keuntungannya, “Saat anda ingin membuat class baru, dan ternyata pada class lain telah ada code yang ingin anda gunakan, maka anda tinggal meng-extend class lain tersebut.”


2. Encapsulation


Enkapsulasi adalah pembungkus, maksudnya agar suatu proses program tidak dapat diakses secara sembarangan.  Enkapsulasi diperlukan untuk menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah di tentukan dari awal.

Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.

3. Abtstraction


Digunakan dalam menentukan ciri,sifat, atau informasi penting dari suatu object, informasi dan data yang mana yang akan disembunyikan dan yang akan ditampilkan.
 
Abstraction, merupakan suatu proses dari penggambaran suatu prilaku. Menyederhanakan kondisi realitas yang rumit dengan memodelkan class sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Proses ini menggunakan bantuan behavior(Sifat dari objek) utama dari suatu objek dan membuang/mengurangi behavior yang tidak perlu.


4. Polymorphism

Polymorphism, merupakan suatu aksi  yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hierarki objeknya. Polymorphism dapat berarti juga banyak bentuk, maksudnya kita dapat menimpa (Override) suatu method, yang berasal dari parent class dimana objek tersebut diturunkan.

 

Polymorphism dapat disamakan dengan Method Overloading, dimana di dalam sebuah class terdapat beberapa method dengan nama sama. Sebuah Method bernama CetakData() yang misalnya berfungsi menampilkan data String, tentu tidak bisa menangani masukan berupa data numerik, boolean, ataupun karakter, demikian juga sebaliknya. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan beberapa Method CetakData() yang akan menangani setiap tipe data, sehingga data apapun yang diberikan sebagai parameter tetap bisa diproses.



 
Sumber:  
Disini
Disini 
Disini 
Disini 

No comments:

Post a Comment